Sejarah Electronic Dance Music dari Tahun 1960 hingga 2010

Sejarah Electronic Dance Music dari Tahun 1960 hingga 2010

04/05/2018 Blogging 0
Sejarah Electronic Dance Music dari Tahun 1960 hingga 2010

Sejarah Electronic Dance Music dari Tahun 1960 hingga 2010. Pernahkah Anda mendengar istilah musik EDM? Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan musik EDM tersebut? Lalu, darimanakah musik EDM itu berasal dan bagaimanakah perkembangannya? EDM merupakan singkatan dari electronic dance music.

Perkembangan Musik EDM dari Tahun 1960

Electronic Dance Music ini merupakan salah satu dari sekian banyak genre musik yang mewarnai dunia musik hingga saat ini. Electronic Dance Music ini diproduksi dari berbagai macam jenis alat-alat musik elektronik. Alat-alat musik elektronik tersebut seperti synthesizer, midi keyboard, turntable, mixer, bass, dan yang lainnya. Namun, seiring berjalannya waktu dan ditengah-tengah zaman yang semakin berkembang, alat-alat musik elektronik yang memproduksi genre musik EDM mulai berkurang karena digantikan berbagai aplikasi yang telah ada dikomputer atau laptop. Musik-musik EDM yang dihasilkan merupakan gabungan atau remix dari berbagai instrumen elektronik yang ada pada aplikasi tersebut.

Perkembangan Musik EDM dari Tahun 1960

Namun, sebelum mencapai titik modern, yaitu penggunaan sebuah aplikasi untuk memainkannya, tentu saja musik EDM memiliki sepak terjang atau sejarah yang tidak pendek. Pada awalnya, musik EDM ini lahir pada tahun 1960-an. Pada tahun kelahirannya, musik EDM menggunakan alat musik yang berupa bass dan beberapa synthesizer saja. Salah satu produser dari negara Australia yang bernama Val Stephen merupakan orang pertama yang merilis satu album penuh dengan musik EDM. Sejak saat itu, musik EDM mulai terkenal dikalangan para pemusik. Salah satu diantaranya adalah band legendaris The Beach Boys yang memilih musik EDM untuk lagunya yang berjudul Good Vibrations yang rilis pada tahun 1966. Setelah lahir pada tahun 1960-an, musik EDM masuk pada masa kejayaannya satu tahun kemudian, yakni pada tahun 1970-an. Musik EDM yang terkenal pada tahun ini adalah elektronik musik disko.

Musik disko memang sangat diminati pada tahun ini. Ada dua penyanyi disko yang sangat terkenal pada tahun 1970-an ini, mereka adalah artis Donna Summer dan band Bee Gees. Selain itu, pada tahun ini juga muncul sebuah band terkenal asal Jerman yang berfokus pada musik elektronik. Band tersebut bernama Kraftwerk dan album mereka yang terkenal adalah Autobahn yang rilis pada tahun 1974. Selanjutnya, pada tahun 1980-an, alat musik synthesizer menjadi salah satu alat musik yang paling banyak digunakan oleh para penyanyi maupun band-band yang lainnya. Selain itu, pada tahun ini jugalah mulai bermunculan para DJ atau Disk Jokey untuk meramaikan musik elektronik. Lalu, pada tahun 1990-an, teknologi mulai mengalami perkembangan.

Electronic Dance Music Di Era Kini

Dengan perkembangnya teknologi inilah yang menyebabkan makin banyaknya DJ-DJ yang lahir dengan karya-karya mereka sendiri. Benua Eropa khususnya negara Jerman merupakan sebuah negara yang paling banyak melahirkan para Disk Jokey ini. Setelah itu, pada tahun 2000-an, musik EDM terus mengalami perluasan kepopuleran. Salah satu contohnya adalah munculnya subgenre dari genre musik EDM ini. Sub genre tersebut adalah Hip-Hop elektronik, dubstep, nu-disko, dan yang lainnya. Pada era ini jugalah banyak artis yang tidak asing lagi ditelinga Anda, mereka adalah Avicii, Calvin Harris, hingga David Guetta.

Era yang terakhir ialah pada tahun 2010-an. Pada tahun ini, para DJ sering melakukan duet bersama dengan penyanyi terkenal. Misalnya saja Calvin Harris dengan Rihanna pada lagu We Found Love, David Guetta feat Usher pada lagu Without You, dan yang lainnya. Selain nama-nama diatas, mungkin para penyanyi yang sangat menggambarkan musik EDM yang Anda kenal sekarang ini ialah seperti Zedd, Skrillex, dan Disclosure.