Perkembangan Trance Hingga Populer

Perkembangan Trance Hingga Populer

09/13/2017 Blogging 1
Lagu Trance..

Bagi para penggemar musik mungkin saja sudah tidak asing dengan jenis musik trance, namun bagi anda-anda yang masih awam atau hanya ingin mencoba menikmati beberapa lagu genre saja mungkin istilah trance masih cukup asing di belantara musik tanah air.

Perkembangan Lagu Trance Hingga Populer

Musik trance sendiri merupakan salah satu jenis musik yang kerap kali dimainkan di club-club malam, namun para pakar musik menganggap bahwa musik trance tidak sama dengan musik house. Untuk jenis musik yang satu ini memiliki tempo sekitar 130 hingga 160 BPM, sehingga sangat asyik dimainkan di club-club sebagai alternatif musik house. Beberapa yang lain justru hanya fokus memainkan musik-musik trance dan tidak merambah pada genre musik yang lain.

Sejarah mencatat bahwa music trance ini pertama kali muncul di Jerman sekitar tahun 1990an, untuk istilah trance sendiri cukup simpang siur beberapa ada yang menganggap bahwa istilah trance sendiri diambil dari album Klaus Schulze Trancefer  yang keluar pada tahun 1981. Namun ada juga yang menganggap bahwa istilah trance diambil dari pertunjukan trance pertama dance 2 trance. Kota Frankfurt dikatakan sebagai kota di Jerman dimana musik trance ini lahir, dimana para pemuda di sana sangat menggilai musik trance ini hingga mulai bermunculan DJ-DJ yang membawakan aliran trance seperti misalnya Dj Armijn, Dj Tiesto, Dj Sasha, Dj Ferry Corsten dan beberapa naman di kondang lainnya di dunia.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa musik trance merupakan aliran musik tersendiri, namun begitu di dalam musik trance terdapat beberapa variasi melodi-melodi dari musik-musik elektronik seperti misalnya musik house, techno, chill out, pop bahkan musik klasik. Itulah sebabnya musik-musik trance sangat kaya dan membutuhkan sense of music yang tinggi bagi siapa pun yang hendak membawakan musik yang satu ini.

Lagu Trance...

Karakter dari musik trance sendiri biasanya lembut di tengah-tengah lagu yang ditandai dengan memudarnya irama secara sangat tiba-tiba, sehingga melodinya mengalun sendiri untuk beberapa saat. Karakteristik lainnya yaitu kadang kala kerap kali terdengar suara seorang wanita yang memiliki karakter vokal soprano, dimana kadang-kadang suara si wanita terdengar begitu lembut, dalam, serta melengking tinggi khas penyanyi-penyanyi opera yang membuat siapa pun yang mendengarnya seolah melayang, jika dibayangkan memang sedikit rumit namun justru di situlah seni dari musik trance ini.

Untuk trance kontemporer sendiri musik trance sudah berkembang cukup pesat dimana pada 1993 seorang DJ bernama Paul van Dyk’s menerbitkan karya yang bertajuk remix of humate love simulasi dan kemudian pada tahun-tahun setelah itu muncul genre trance vokal dimana yang merupakan perpaduan antara musi pop dengan unsur-unsur progresif. Trance vokal sendiri akhirnya mengembangkan sub genre lainnya yaitu trance epik dimana sub genre baru ini memiliki beberapa unsur dari musik klasik, selain itu musik film pun memiliki peranan yang cukup besar dan berpengaruh terhadap perkembangan musik trance itu sendiri.

Dimana pada kurun waktu yang sama yakni 1990an banyak musik film yang mengadaptasi musik ala trance. Musik trance bisa dikatakan mencapai puncak kejayaan pada kisaran awal tahun 2000an dimana hampir di setiap club-club pasti memainkan jenis musik yang satu ini dibandingkan memainkan musik house yang sudah lebih dulu populer. Demikian artikel mengenai perkembangan musik trance ini, semoga dapat menjadi informasi yang berguna dan bermanfaat utamanya bagi anda yang sedang mempelajari musik trance secara lebih dalam.

 

One Response

  1. Handoko says:

    yuhu . . . . . trance is my music

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *