Mengenal Pengaruh Musik EDM Pada Otak

Mengenal Pengaruh Musik EDM Pada Otak

02/22/2018 Blogging 0
Mengenal Pengaruh Musik EDM Pada Otak

Mengenal Pengaruh Musik EDM Pada Otak. Musik adalah hal yang hampir disukai oleh semua orang. Hal ini karena dengan mendengarkan musik bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Musik juga mampu menggambarkan atau mewakili perasaan yang sedang dialami oleh seseorang. Entah itu sedang mengalami perasaan yang sedih maupun bahagia. Musik sendiri juga sangat banyak sekali genre nya mulai dari pop, blues, jazz hingga rock. Salah satu genre musik yang tengah digandrungi dan dipopulerkan oleh banyak orang yaitu genre musik EDM. Musik ini EDM ini merupakan kepanjangan dari Electronic Dance Musik. Orang lebih mengenal genre musik ini sebagai musik yang digunakan untuk dugem. Selain itu musik ini juga diproduksi oleh para Disk Jockey atau yang lebih dikenal dengan DJ.

Sesuai dengan namanya yaitu dance music, membuat genre musik ini lebih dikenal untuk kehidupan malam. Sebenarnya genre musik EDM ini bukan merupakan genre musik baru. Pada tahun 80-an musik ini lebih dikenal dengan genre musik rock n roll yang mendapat julukan sebagai musiknya para pemberontak. Di Indonesia sendiri musik ini menjadi semakin terkenal sejak diadakannya Djakarta Warehouse Project (DWP) yang merupakan rave party dengan penyelenggaraan setiap tahun. Pada festival musik elektronik tersebut setiap orang yang datang diajak untuk berdasa selama semalam penuh.

Kebanyakan orang beranggapan jika rave party memiliki konotasi yang mengarah ke obat-obatan terlarang. Sehingga tak jarang jika musik EDM ini dianggap sebagai musik yang dapat mempengaruhi para penggemarnya untuk mengkonsumsi narkoba. Tentu anggapan ini adalah hal yang salah besar. Karena pada dasarnya musik EDM ini merupakan perpaduan dari berbagai genre electronic music seperti trance, house, tekno, drum and bass, jersey club, trap, dubstep, hardstyle dan masih banyak lagi subgenre lain.

Tidak jauh berbeda dengan genre musik yang lain, genre musik EDM mempunyai pengaruh sendiri bagi kehidupan manusia. Pengaruh umum yang bisa dirasakan yaitu dapat membangkitkan semangat seseorang. Hal ini dikarenakan genre musik EDM mempunyai ketukan irama yang begitu cepat. Tubuh secara tidak sadar merespon irama musik dengan melepas serotonin yang memang dapat memberikan pengaruh rasa bahagia pada tubuh. Tubuh juga memproduksi hormone dopamine yang dapat membuat seseorang merasa sangat bersemangat. Pada waktu yang bersamaan, otak juga akan melepaskan hormone norefineprin yang sangat berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan juga rasa bergembira.

Tak heran jika musik EDM dapat memicu semangat untuk melakukan dansa semalam penuh. Hal ini dikarenakan semakin cepat irama musik yang diperdengarkan, maka semakin banyak juga hormone yang nantinya dikeluarkan oleh tubuh. Pengaruh lain yang dapat dirasakan dengan mendengarkan musik EDM yaitu bisa mengatasi depresi, stress dan juga gangguan mood. Bahkan musik EDM ini dapat dijadikan sebagai terapi anti depresi yang cukup ampuh. Melalui ketukan irama genre musik elektronik yang pelan dan juga menenagkan dapat meredakan ketengangan yang terjadi pada saraf. Subgenre musik elektronik eksperimental dipercaya mampu membuat otak menjadi diam sehingga sangat cocok sekali bagi seseorang yang membutuhkan kedamaian dan ketenganan dalam berpikir.

Adanya pengaruh positif dari genre musik EDM pada otak tentu dapat mematahkan anggapan orang yang meng-underestimate kan genre musik ini. Genre musik ini bisa meningkatkan rasa kreativitas para anak muda untuk memberikan karya baru dengan berbagai inovasi dan juga kreasi menarik. Karena memang musik ini sendiri merupakan musik perpaduan yang dapat menghasilkan instrument musik terbilang luar biasa.