Mengenal Ciri Khas Lagu Beraliran Trance

Mengenal Ciri Khas Lagu Beraliran Trance

08/18/2017 Blogging 1
Mengenal Ciri Khas Lagu Beraliran Trance..

Apa yang Anda rasakan ketika mendengarkan sebuah lagu beraliran electro dance music? Ya, sebagian orang yang mendengarkan musik ini pasti akan langsung mengangguk-anggukan kepalanya sesuai dengan tempo dari electro dance music terutama musik trance.

Mengenal Ciri Khas Lagu Beraliran Trance

Karena kecepatan beatnya yang berbeda dari musik-musik pada umumnya, trance menjadi salah satu alternatif musik yang paling sering didengar untuk menemani rutinitas. Lagu-lagu pada musik trance pun lebih dapat mengalirkan energi positif karena lagu ini memang diciptakan untuk menghibur orang-orang yang sedang mencoba santai setelah menjalani rutinitasnya. Saat ini sudah banyak musisi-musisi yang mencoba untuk mengkombinasikan musik trance dengan genre musik yang lain pada lagu ciptaannya.

Kombinasi inilah yang membuat lagu-lagu trance dapat menyesuaikan perkembangan zaman dan mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di industri musik. Hal ini memicu banyak musisi untuk mencoba banting setir ke aliran musik yang satu ini dan berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Jika Anda penasaran dengan hal-hal apa saja yang membuat lagu-lagu trance begitu nikmat untuk didengarkan, simaklah penjelasan berikut ini.

Musik trance sering sekali diputar di tempat-tempat hiburan malam untuk menghibur dan menjaga semangat dari orang-orang yang mengunjungi tempat tersebut. Trance  merupakan salah satu jenis dari electro dance music yang memiliki kecepatan beat antara 130 – 160 BPM. Lagu-lagu trance juga sering mengulangi melodinya sehingga siapapun yang mendengarkannya dapat langsung menikmati musik trance dan dapat memahami ritmenya.

Related image

Biasanya lagu-lagu trance akan menekan perasaan dari orang-orang yang mendengarkannya sehingga timbul perasaan seolah-olah terbebas dari segala kepenatan yang dialami dalam kehidupan. Beberapa lagu trance hanya menggunakan musik instrumental dalam lagunya namun ada juga yang menggunakan vokal di dalam lagunya. Biasanya penyanyi dalam lagu trance adalah wanita. Hal ini dikarenakan tingkat nada dari seorang wanita yang tergolong tinggi sehingga bisa dengan mudah melebur dengan aliran musik trance yang dimainkan.

Untuk memainkan sebuah musik trance, Anda membutuhkan alat sythesizer untuk mengkombinasikan melodi-melodi yang ada sehingga menghasilkan nada dan irama yang unik pada lagu trance. Tahapan irama dari musik ini yang semakin tinggi dan bersemangat lama kelamaan akan memudar dan hilang ditengah-tengah lagu sehingga menimbulkan perasaan kosong pada diri seseorang yang mendengarkan. Namun irama tersebut akan kembali lagi secara perlahan dan semakin tinggi sehingga emosi dari pendengarnya akan timbul jika mendengarkan lagu trance.

Lagu trance juga dapat menimbulkan suasana yang ramai. Hal ini terjadi dikarenakan kombinasi dari berbagai melodi musik. Tidak mengherankan jika lagu trance dimainkan pada suatu acara, maka acara tersebut akan terasa semakin meriah.  DJ trance di kawasan Asian Timur biasanya menambahkan unsur oriental pada lagu trance yang dibuatnya. Di Indonesia sendiri, musik trance biasanya ditambahkan sedikit unsur budaya dari daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Itulah tadi beberapa ciri yang membedakan antara musik trance dengan musik-musik lainnya. Setelah Anda menyimak penjelasan di atas, apakah Anda ingin menambah wawasan seputar musik trance? Dengan mendengarkan lagu-lagu trance dan mengikuti perkembangan musiknya, maka Anda akan lebih jeli untuk menangkap perasaan apa yang ingin disampaikan oleh si pencipta dalam lagu trance tersebut. Bagi Anda yang ingin menekuni dunia musik khususnya musik trance ini, cobalah untuk mengkreasikan sebuah melodi yang menggambarkan gaya panggung Anda. Dengan begitu Anda akan menghasilkan sebuah karya yang identik dan memiliki ciri khas tersendiri.

 

One Response

  1. Shierly says:

    lengkap, thx min. . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *