Benda – Benda yang Identik dengan Seorang DJ

Benda – Benda yang Identik dengan Seorang DJ

04/12/2018 Blogging 0
Benda - Benda yang Identik dengan Seorang DJ

Benda – Benda yang Identik dengan Seorang DJ. Electronic Dance Music atau yang biasa terkenal dengan istilah Musik EDM merupakan salah satu genre musik yang populer di dunia permusikan kita. Genre musik EDM ini lahir pada tahun 1960-an dan terus mengalami perubahan dan perkembangan setiap tahunnya. Tak bisa dipungkiri, genre musik EDM ini memicu lahirnya sebuah pekerjaan untuk seseorang yang mengoperasikan dan memilih musik yang akan dimainkan untuk broadcast. Sebutan untuk orang yang melakukan kegiatan ini adalah Dics Jockey atau yang biasa dikenal dengan sebutan DJ.

Layaknya seorang penulis yang tidak bisa terlepas dari sebuah pena, kertas, maupun laptop, DJ juga memiliki barang-barang yang tidak bisa terlepas dari titelnya sebagai seorang DJ. Ada beberapa alat-alat musik yang mencerminkan bahwa seseorang tersebut adalah seorang DJ. Berikut merupakan alat-alat musik tersebut:

  1. Vynil dan Turntable

Vynil dan Turntable

Alat-alat yang pertama adalah Vynil dan Turntable. Vynil dan Turntable merupakan dua alat musik yang memiliki bentuk klasik yang khas dan sangat identik dengan seorang DJ. Hip-Hop DJ juga mengandalkan dua alat musik ini untuk mengiringi seorang rapper yang sedang ngerap atau untuk battle antara DJ yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, teknik menggunakan Turntable menjadi sebuah instrument perkusi mendapat apresiasi dari dunia. Hal ini terbukti dengan adanya perlombaan mengenai teknik penggunaan Turntable tersebut yang disebut dengan istilah Turntablism. Perlombaan ini merupakan perlombaan berskala internasional yang biasa disebut dengan perlombaan DMC World DJ Championship.

  1. CD dan Pioneer

CD dan Pioneer

Teknologi terus mengalami perkembangan, media digital juga terus memperbarui jaringan-jaringannya dan menciptakan sesuatu hal yang baru. Salah satu hasil dari perkembangan dunia digital tersebut adalah CD untuk seorang DJ. Teknologi CD bertujuan untuk menggantikan Vynil bagi seorang DJ, sedangkan Pioneer merupakan manufaktur yang paling terkenal untuk menggantikan piringan hitam turntable bagi seorang DJ untuk menghadirkan CD Player. Teknologi ini tentu saja membuat pekerjaan seorang DJ menjadi lebih mudah. Hal ini terbukti dengan lahirnya CD, seorang DJ tidak perlu membawa banyak Vynil lagi ketika akan tampil dari satu tempat ketempat yang lainnya. Mereka tinggal membawa CD yang lebih compact dan lebih mudah untu dibawa karena sesuai dengan namanya yakni Compact Disc. Selain itu, ada juga beberap kelebihan lain bagi CD dibandingkan dengan Vynil kelebihan-kelebihan itu adalah harga CD yang lebih murah daripada Vynil, dan lebih mudahnya untuk mengetahui BPM bahkan terkadang wavefrom CD daripada Vynil untuk lagu yang sedang dimainkan.

  1. Synthesizer

Synthesizer

Synthesizer merupakan sebuah alat musik yang turu mengiringi perkembangan genre musik EDM dari awal lahir hingga sekarang. Synthesizer ini biasa disingkat menjadi Synth. Synth ini merupakan alat musik yang dapat menghasilkan berbagai macam suara dan pertama kali dicetuskan oleh seseorang yang bernama Robert Moog. Alat musik Synthesizer ini berasal dari kata Synthesize yang memiliki arti ‘meniru’ hal ini bertujuan dari alat musik ini sendiri yang awalnya berfungsi untuk meniru suara dari alat-alat musik yang lainnya seperti piano, organ, biola, terompet, bass, hingga drum.

Vynil, Turntable, CD, Pioneer, hingga Synthesizer merupakan contoh dari sekian banyak alat-alat yang turut mengiringi dan menemani seorang Dics Jockey untuk melakukan pekerjaannya. Tanpa adanya alat-alat ini, seorang Dics Jockey tidak bisa disebut sebagai seorang Dics Jockey lagi. Walaupun mungkin sudah banyak dari alat-alat ini yang tidak lagi digunakan seorang DJ karena terganti oleh kecanggihan teknologi, namun tetap saja, alat-alat inilah yang menjadi ciri khas seorang DJ.